Jumat, 28 Oktober 2016

BAYI LAHIR BUNGKUS (MITOS DAN FAKTA ILMIAH)


                                                   3b-a810828805328a522b0b713b3a97b483.jpg
Bayi lahir dalam bungkusan? Peristiwa langka dan unik ini dicontohkan seperti dalam kasus-kasus dibawah ini.
 Tak ada yang menyangka, seorang bayi di Spanyol lahir dengan kondisi masih di dalam kantung ketuban lewat operasi caesar.
 Seorang suster bernama Giselinha Correa berhasil merekam momen menakjubkan ini lewat kamera ponselnya dan ia unggah ke akun Facebook serta Youtube-nya.
 Meski lahir dengan kantung ketuban utuh, bayi itu pun tak memiliki masalah kesehatan.




                      


 Dr. Aris Tsigris, seorang dokter kandungan di kota Marousi, arah timur laut kota Athena, Yunani memposting sebuah foto bayi yang terlahir dengan ketuban utuh pada 11 Maret 2013 lalu di akun Facebooknya. (http://www.tempo.co/read/news/2013/06/08/060486642/Bayi-Ini-Lahir-dengan-Ketuban-Utuh) 
.
 Kejadian diatas terjadi di Luar negeri lantas bagaimana cerita di dalam negeri sendiri (Indonesia)  bisa disimak dibawah ini.



denaldy - 16/07/2009 02:56 AM
#1
ask: saya waktu lahir dibungkus selaput bisa di jelaskan maksudnya?


---DiZon--- - 22/02/2010 08:50 AM
#5


gw jg lahir terbungkus gan ngak bisa liat Mahluk gaib2 gituan... ..


linuwih78 - 04/03/2010 10:57 AM
#20



waaah...saya jadi teringat ama kisah sewaktu saya lahir, saya akan cerita kan kelahiran saya gan...mudah-mudahan bisa kita ambil hikmahnya....
saya lahir juga masih dalam keadaan terbungkus....itu cerita dari kedua orang tua
saya,...sewaktu ibu saya mau melahirkan saya..sebelum datang dukun beranaknya-gan saya uda lahir duluan..(lahir pas..hari raya idul adha) ya begitu dukun beranakny datang saya masih terbungkus..dan dgn sigap dukun bayi itu pun langsung merintahkan ambil padi untuk menolong saya agar keluar dari bungkusan itu.
Ternyata di Indonesia sendiri juga ada peristiwa seperti ini.

 Banyak mitos mitos bayi lahir bungkus yang berkembang
  • Sebagai besar warga dari berbagai daerah Kalsel, Kalteng, dan Kaltim yang ditemui mengaku pernah mendengar kalau bayi lahir bungkus (bakalubut) itu memiliki kekebalan yang dibawa sejak dalam kandungan.“Pendapat itu ada benarnya. Tetapi harus diikuti dengan syarat tertentu, yaitu yang memecah kalubut tersebut harus si ayah. Caranya sebelum kalubut digigit mulut dilapis dengan sirih,” ujar seorang supranaturalis.Sisa kalubut tadi kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Kemudian disimpan rapi-rapi di dalam sebuah botol. Jika si anak sudah besar, dan dihadapkan pada keadaan darurat, semisal berkelahi, kalubut itu diserahkan untuk menutupi pusarnya. Usahakan jangan sampai pisah dari si anak, fungsinya hampir sama dengan babatsal. Sehingga walau dibacok dengan senjata tajam, ia tidak akan mempan. Menurut istilah orang bahari taguh karung-karung.
  •  Dalam dunia pewayangan, Bima (Werkudara) lahir bungkus. Kita kenal lakon: Bima Bungkus. Mengenai tokoh Bima, dapat dibaca pada posting BIMA: CEKAK AOS BLAKA SUTA
  •  .Menurut kepustakaan “Pakem Ruwatan Murwa Kala” Javanologi gabungan dari beberapa sumber, antara lain dari Serat Centhini (Sri Paku Buwana V), bahwa orang yang harus diruwat disebut anak atau orang “Sukerta” ada 60 macam penyebab malapetaka diantaranya adalah Anak Bungkus, yaitu anak yang ketika lahirnya masih terbungkus oleh selaput pembungkus bayi (placenta)
  •  

                     Berikut  Fakta ilmiah bayi lahir bungkus

     
Kantung ketuban adalah kantung yang mengelilingi bayi di dalam rahim. Kantung ini berisi bayi, plasenta dan cairan ketuban.
Menurut istilah kedokteran, kelahiran seperti ini disebut en caul atau terselubung. 
Dr Tsigiris adalah dokter kandungan yang berpraktik di Marousi, bagian timur laut pinggiran kota Athena. Dia mengatakan bahwa kelahiran seperti ini amat jarang dijumpai dan lebih sering ditemui pada bayi yang dilahirkan prematur. 
Diperkirakan, tak sampai 1 dari 80.000 bayi dilahirkan secara en caul.

Menurut sebuah penelitian di tahun 2010, kelahiran en caul diduga membantu melindungi bayi prematur yang masih rapuh dari tekanan di dalam rahim. 
Sebagai orang yang membantu persalinan bayi tersebut, dr Tsigiris menyatakan kagum saat melihat bayi yang masih terbungkus kantung ketuban.
Walau dilahirkan dalam gelembung berisi cairan, keselamatan bayi tak akan terancam karena sejak dalam kandungan bayi juga mengalami hal yang sama.
 Dr Tsigiris mengatakan, bayi tersebut tidak berisiko tenggelam karena plasenta terus memberi makan nutrisi dan oksigen lewat tali pusat.

Ternyata dikalangan selebritipun ada yang mengalami persalinan en caul yaitu pada tahun 2011 lalu, aktris Jessica Alba melahirkan seorang putri yang lahir dalam kantung ketuban yang masih utuh. Bayinya kemudian diberi nama Haven.



.



38 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Pernah juga melahirkan seorang bayi yg lahir terbungkus

    BalasHapus
  3. Anak saya juga lahir dlm keadaan terbungkus

    BalasHapus
  4. Aku juga kata orang tua lahir dalam keadaan terbungkus kaya balon, terus di robeknya itu pake padi yg udh kering gitu kaya kayu kecil aku Gatau namanya apa hehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebal nggak mas?
      Saya jg terlahir sprti itu, tp gk ada kebal2 nya 🤣🤣🤣

      Hapus
  5. Saya lahir dengan keadaan dibungkus seperti itu tapi apa cuman saya yang gak bisa ngapa ngapain kaya yang seperti mitosnya wkwkwk tapi saya lahir dirobeknya bukan pake padi atau apa lah karena saya lahir di rumah sakit gitu kata ibu saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama...aku pun lahir gitu kata mama,tapi di pecahin gk pake padi juga. Karna lahir nya di rs juga

      Hapus
  6. Saya lahir juga dengan keadaan terbungkus,orang tua saya tinggal di jawa. Cara mmecah ktuban pun berbeda yaitu dengan uyah lanang atau garam krosok diambil satu untuk membelah kulit ketuban

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy jg lahir msh terbungkus,kata ibu spt telor dah gitu usus melilit leher dan seluruh tubuh

      Hapus
  7. anak sy yg k 4 lahir terbungkus,skrg umurx 17bln.makanx dikiit,lincah,dia baru bisa manggil ibu,ayah,kaka,mam,dadaa,yg lainx blm bs.dy sering demam,sering kaget,apalgi kalo sementara tdr.apa anak2 yg lhr terbungkus keadaanx seperti itu juga?

    BalasHapus
  8. Sama anak saya lahir kaya balon pantes keluarx susah ternyata plasentanya blm pecah smpe lahirinx dpaksa lahir kan ma dokter...karna udh 9 bulan lebih

    BalasHapus
  9. Saya lahir terbungkus ketuban sih tapi semua mitos itu saya rasa rasakan pas dah umur 15 tahun dulu saya anggap itu biasa aja saya sering tertusuk paku berkarat, terkena serpihan kaca dll semua orang takut saya knp knp saya tidak merasakan sakit yang luar biasa hanya seperti terkena apa lah itu tapi darah telus ngalir tapi itu tidak merasa sakit tapi sekarang saya tidak bisa merasakan itu lagi malah saya jadi indigo -_- tapi saya tertolong punya banyak teman hantu karena ada yang gak suka berteman sama saya entah knp #curhat.... Hehehehheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mnta nmr wa nya dong,saya juga lahir dlm keadaan bungkus dan sering melihat hal2 ghaib

      Hapus
    2. W jga nerbungkus. Tpi gk perna kejadian yg aneh2. Malah w lahir sama dukun beranak. Gk ada istimewah dalam hidip w.

      Hapus
    3. Kalau aq hx suka mimpiin orang yang mau meninggal. Pas suuh mimpi bangun udah dngar kabarx.

      Hapus
    4. Disni bnyk yg sudah rasakan seperti indigo terus mimpi aneh ... Dan sbg nya Krn dlu kt mm sy .. sy terlahir masih di bungkus plasenta ... Dan sy wkt balita slalu di ganggu mahluk halus demam sakit dan saat sy usia 12 th sy bisa melihat mahluk yg warbiasa ... Tanpa di sengaja bahkan sering di mmpin am org yg SDH meninggal dan yg mau meninggal ... DN heran nya sy slalu di tinggal sm ppasangan sy ... 😊😊 Sy juga heran kok bisa ya ...

      Hapus
  10. Saya juga lahir terbungkus. Sampe bungkusan lahir nya msh ada smp skrg org tua sy simpan. Iya sejak SMP saya sdh indigo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata kita sama,bisa melihat hal ghaib,dan itu trjadi sejak saya kecil

      Hapus
    2. W lahir berbungkus jga tpi gk ada yg istimewah dlm hidup w
      Knpa y?

      Hapus
  11. Saya lahir malam selasa kliwon dan terbungkus dengan selaput lalu bapak saya menyobek bungkusan saya dengan pakai kuku, sampai sekarang saya bila dicubit sakitnya luar biasa, kata orang bila bungkusan saya itu disimpan bisa jadi obat bila saya sakit, yang saya rasakan selama saya dewasa bisa nerawang orang dan melihat hal" roh halus.

    BalasHapus
  12. Saya juga lahir terbungkus memang kalau luka berdarah pun ga terasa sakit

    BalasHapus
  13. saya juga lahir terbungkus (baby born in caul) menurut cerita mama dan disaksikan oleh papa oma(ibunya mama) dokter sama suster. Pas lahir dokter yg membantu persalinan mama bilang kalau aku tuh anak yg membawa keberuntungan. Saya sering diceritain sama mama taoi kagak pernah percaya dengan mitos2 orgtua dulu atu mitos rakyat, namun seiring berjalannya waktu semakin tumbuh besar saya selalu merasakan hal2 yg diluar dari anak2 perempuan lainnya. Saya bisa lihat roh2 halus dan insting saya selalu kuat. Saya bisa merasakan sesuatu yg akan terjadi sebelum kejadian. Dan saya bisa merasakan kalau seseorang itu sedang membohongi saya atau tidak. Beberapa kejadian unik lainnya berapa kali hampir ditabrak mobil, bus besar tapi selalu terhindari. Berapakali dijahatin orang tapi selalu terlindungi. Intinya kekuatan atau kelebihan yg saya peroleh itu datangnya dari Tuhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bener banget ini ceritanya hampir sama dengan cerita saya,trnyata bnyak kelebihan yg kita miliki ya

      Hapus
    2. Mbk boleh mnta nmr wa nya,sy jg pnya cerita yg sm dgn pean,pngin sharing

      Hapus
  14. aku jg lhir dg terbungkus kata org tuaku klo lhir begitu misalkn brkelahi kebal dan klau bercocok tanam apapun tanamanx akn tumbuh subur smpe skrg bungkusx tetap sy simpan dan di jadikan jimat!

    BalasHapus
  15. Aku juga lahirnya terbungkus, kata ayah aku kalo dirobek pake besi itu hilang kekuatannya, dan aku ,bungkusannya dirobek pake besi jadi aku normal² aja.

    BalasHapus
  16. Aku juga lahir terbunkus samp

    BalasHapus
  17. Banyak juga yg lahir dalam keadaan terbungkus. Kata ortu juga aku dulu gitu. Karena jaman dulu ga ada bidan dan dukun beranak datengnya pas aku udh lahir. Mitosnya kalo bayi lahir sebelum dukun beranak dateng anaknya bawel.. 😜😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama persis mas, saya lahir jg sblm dukunnya dateng, kata emak saya.
      Km lahiran taun brpa?

      Hapus
  18. Saya juga terlahir masih terbungkus ,,ibu dan bapa ku yang bilang

    BalasHapus
  19. Tapi ada benar nya juga,,,di usia 22 saya bisa melihat hal* gaib,juga saya bisa berkomunikasi sama mereka,,sampey sekarang.😊

    BalasHapus
  20. Anak ku yg ke tiga jga lagir dengan keada'an terbungkus,tapi sama bidan didi mec kan ya pky pulpen,,,dan bungkusya di kubur di jadikan satu ama ari2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lahir dalam keadaan terbungkus dan di buka dengan cara di gigit bungkusan sama sirih gitu. Hal aneh yang saya rasakan adalah ketika saya kecelakaan dan balapan saya gak pake Helm alhmdulilah saya jatuh luka nya bedrah banyak sampai yg lihat mau pingsan tpi saya engga apapa ajha. Gak sakit amt. Kemudian saya pernah di tabrak orang sama sama naik motor. Eh malah yg nabrak yg terkoyak tangan nya saya yg ditabrak alhmdulilah selamat gak lecet lecet amat. Saya juga pernah jatoh dari atas loteng rumah badan saya tertumpu di batang kayu di bawah. Alhmdulilah masih idul Dan gak patah patah. Pas udh dewasa saya tanya baru i ceritaain orang tua katanya kamu lahir masih dlam bungkusan dan kamu. In sha Allah kebal dari lahir kata mereka. Dan dari situ saya percaya itu benar ada dari Allah kekuatan nya. Banyak hal yang say rasakan sehrus nya saya sakit. Alhmt Allah beri ilmu kuat dari alah.

      Hapus
  21. Saya lahir kayak gitu alhamdulillah belum nemuin hal aneh apapun tapi dulu kata orang tua ku aku sering lihat hal gaib tapi sekarang syukur alhamdulillah sudah tdak apa mungkin ya mata batin saya ditutup

    BalasHapus
  22. Saya juga lahir bungkus dari kecil sy bisa lht setan d dpt mengetahui apa yg akan terjdi dgn kel saya .sy jg bisa sembuhkan org sakit kena setan atau penyakit dan syvtau semua itu kekuatan dari Tuhan Allah🙏😇🙂

    BalasHapus
  23. saya d critain sama ortu,jg tetangga" yg lihat kelahiran saya.krn saya lahir d rmh d bantu sama dukun beranak.bahwa saya lahir'nya bungkus kayak telur,mlh sampai skrg masih ad orang tua yg sering manggil saya bungkus.tp sampai saat ini saya gak tau keistimewaan lahir dengan bungkus

    BalasHapus
  24. saya juga lahir bungkus dAN MASIH TERLILIT TALI PUSAR,LAHIRNYA JUMAT LEGI...SEJAK KECIL SAYA SUDAH PAHAM HAL HAL GAIB,SERING DENGER AJA SUARA2 TAPI NDAK PERNAH LIHAT.SEKARANG DIUMUR 38TH SAYA BISA NERAWANG,MERASAKAN ENERGI,AURA,MEMBERSIHKAN ENERGI NEGATIF DAN BANTU BANYAK ORANG,BISA MEMBACA KARAKTER ATAU PERMASALAHAN ORANG LAIN.KADANG CUMA SEKEDARNYA TAPI SEMUA BENER.SAYA BISA MELIHAT SECARA BATIN SAJA.ADA YG BILANG SAYA SEPERTI PUNYA PERISAI SEPERTI GELEMBUNG AIR YANG MENGELILINGI TUBUH SAYA.

    BalasHapus